PROJECT

Kampung Berseri Astra - Astra Internasional

Semut Nusantara turut serta mendampingi 11 Kampung Berseri Astra di 10 Provinsi di Indonesia, terutama di Kawasan Timur Indonesia. Dalam pendampingannya, Tim Semut dibantu Fasilitator Lokal di daerah masing-masing berupaya meningkatkan capaian indicator per Pilar sesuai 4 pilar Kampung Berseri Astra (Kewirausahaan, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan). Prioritas pendampingan Semut menitikberatkan pada pengembangan Kewirausahaan berbasis komunitas sesuai dengan potensi daerah masing yang diharapkan turut menyelesaikan masalah masalah di sektor lain tadi dan pada gilirannya menjadikan KBA sebagai ikon pemberdayaan masyarakat yang bisa diperluas ke daerah lainnya. 

Kampung Berseri Astra

Wirausaha Mantap Sejahtera – Bank Mantap

 Semut Nusantara bersama Bank Mantap mendesain program pemberdayaan nasabah Bank Mantap, yang terdiri dari Pensiunan ASN dan TNI untuk tetap produktif dan sejahtera di masa Pensiun. Tidak hanya mengembangkan panduan dan materi peningkatan kapasitas usaha, Tim Semut juga menghubungkan potensi dan minat pensiunan di berbagai daerah dengan Mentor mentor di berbagai bidang usaha yang sesuai dan berjiwa pemberdayaan tentunya. (www.mantapmencarimentor.com, IG: @pensiunberkarya)

Community Empowerment Beswan Djarum (CE) – Djarum Foundation

Tiap tahun sebagai bagian dari Pengembangan Kepemimpinan dan soft skill bagi 500 Beswan Djarum per angkatan dari seluruh Indonesia, Semut Nusantara mendesain serta mendampingi Beswan di berbagai wilayah yang telah lolos seleksi proposal dan wawancara. Sebelum mereka melalukan studi komunitas dan Desain Project CE, terlebih dahulu para Beswan mendapat pembekalan di sela-sela Leadership Development di Yogyakarta dan Surabaya.  Setelah terpilih mereka melaksanakan rangkaian pendekatan sosial, peningkatan kapasitas, pemasaran, dan aktivitas lain yang diharapkan mendukung keberlanjutan program. 

Pendampingan Wirausaha Sosial Mandiri – Bank Mandiri

Untuk meningkatkan skala usaha dan dampak sosial dari para pemenang Wirausaha Sosial Mandiri (bagian dari Wirausaha Muda Mandiri) Bank Mandiri memberikan Project Capital dalam 3 termin yang dilengkapi dengan pendampingan. Secara berkala Semut Nusantara melakukan coaching untuk menentukan rencana aksi dan target capaian, juga peningkatan kapasitas tim, dan monitoring evaluasi. Dalam periode ini terdapat 3 Social Enterprise, yaitu: Koperasi Nelayan Inka Mina Projo Mino Bantul, Nara Kreatif Jakarta, dan Gerakan Melukis Harapan Dolly Surabaya.